(^_^)..SELAMAT DATANG SOBAT CHARINEALLOVERZ..TEMPAT DOWNLOAD GAME DAN SOFTWARE GRATIS,.. (^_^)

Sabtu, 19 Oktober 2013

Arti Bunyi Beep Pada Komputer


Bunyi beep pada saat komputer dinyalakan adalah pesan yang diantarkan oleh perangkat hardware terhadap user tentang keadaan komputer tersebut. Bagi teknisi Service bunyi beep ini bisa sangat membantu memperbaiki komputer yang sedang rusak.

Bunyi beep dikeluarkan oleh Motherboard pada CPU, jadi jika bunyi beep masih bisa muncul kemungkinan besar Motherboard masih dalam keadaan baik, kemungkinan kerusakan bisa terjadi pada Supply power ke Motherboard, atau Processor, jika komputer terdengar bunyi beep dengan baik yang menandakan CPU dapat berjalan dengan baik, namun justru tidak bisa hidup atau restart terus.

Jika Semua berjalan baik, beep hanya bunyi sekali dan pendek sehingga layar masih bisa booting, jika tidak dapat digunakan kemungkinan kerusakan ada di software (instalan) atau di settingan BIOS.Sekarang, kita belajar tentang arti bunyi beep yang muncul ketika komputer kita hidupkan:
  • Bunyi beep pendek 1 kali : CPU success dalam menyalakan hardware dan siap digunakan.
  • Bunyi beep pendek 2 kali : Permasalahan ada di setting BIOS dan CMOS seperti Jam dan tanggal yang tidak sesuai.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali : Coba cek memory yang terpasang, kemungkinan kotor atau error atau perlu diganti.
  • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali : VGA Card tidak terpasang dengan benar atau kotor, bisa jadi juga rusak.
  • Bunyi beep panjang terus-menerus : ada masalah pada pemasangan RAM
  • Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan supply, bisa di IC Power Supply Motherboard, atau pada Power Supply yang bermasalah
  • Tidak terdengar suara beep, itu berarti Power Supply sudah mati atau Motherboad mengalami kerusakan, coba cek satu-satu perangkat tersebut.
  • Bunyi beep seperti Sirine Ambulance : Biasa ditemukan pada motherboard ASUS, bias jadi IC BIOS sudah rusak.

Semoga memberikan manfaat bagi yang membacanya.

1 komentar: